Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Grafik Komputer dan Pengolahan Citra
Perlu di ketahui bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer sendiri mempunyai banyak manfaat dan ilmu yang sangat cepat berkembang pada saat ini dan mungkin masa depan. Perkembangan ini didukung oleh munculnya prosesor-prosesor komputer yang cepat dan kartu grafik yang semakin canggih dan hebat.
Sebelum membahas tentang maanfaat ilmu grafik komputer dan pengolahan citra, saya akan menjelaskan pengertiannya. Pengertian grafik berbeda dengan citra. Grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu. Sedangkan citra adalah gambar yang diperoleh dengan alat pengambilan gambar (seperti : mata manusia, kamera, scanner, sensor satelit, dll). Istilah ”Grafik Komputer” ditemukan tahun 1960 oleh William Fetter : pembentukan desain model cockpit (Boeing) dengan menggunakan pen plotter dan referensi model tubuh manusia 3 Dimensi
Perbedaan antara grafik komputer dan pengolahan citra adalah grafik komputer dilakukan proses untuk menghasilkan suatu gambar menggunakan komputer. Bentuk sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2 Dimensi kemudian berkembang menjadi grafik komputer 3 Dimensi, pemrosesan citra (image processing) dan pengenalan pola (pattern recognition) contoh : membuat citra untuk seni, game komputer, foto, animasi komputer, dll). Sedangkan pengolahan citra, gambar di input ke dalam proses pengolah citra / gambar yang sudah tersedia sehingga mudah diinterpretasi oleh manusia atau komputer dengan melakukan transformasi suatu citra menjadi citra baru yang lain.
Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut :
• Perbaikan kualitas citra (image enchacement) tujuan memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi parameter-parameter citra.
• Pemugaran citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada citra. Hal ini untuk mengetahui penyebab degradasi citra.
• Pemampatan citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam bentuk lebih kompak, sehingga dapat mempertahankan kualitas gambar dengan memori yang lebih sedikit (misalnya .BMP menjadi .JPEG).
• Segmentasi citra (image segmentation) tuuan memecah sutu citra ke dalam beberapa segmen dengan suatu criteria tertentu.
• Analisis citra (image analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk menghasilkan deskripsinya.
• Rekontruksi citra (image reconstruction) tujuan membentuk ulang objek dari beberapa citra hasil proyeksi.
Bidang ilmu grafik komputer dan pengolahan citra saat ini sangat cepat berkembang begitu juga pemanfaatannya, sehingga hal itu sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah pemanfaatan ilmu grafik komputer dan pengolahan citra serta implementasinya:
A. Implementasi Grafik Komputer
1. Bidang Hiburan
Pada saat ini hampir semua acara hiburan di TV banyak menggunakan grafik komputer dan pengolahan citra. Mulai dari film kartun, iklan dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer. Grafik komputer dapat menghasilkan efek animasi film semakin baik dan menarik, contohnya : game, anime, dan film 3D.
2. Bidang Industri
Pemanfaatan dalam bidang Industri contohnya adalah pembuatan kerangka, Model, atau sketsa dari suatu produk misalnya mobil, pesawat terbang,motor dsb, Biasanya mengggunakan CAD (Computer Aided Design)
3. Video Games
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Pro Evolutin Soccer. Dari yang yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
B. Implementasi Pengolahan Citra
1. Bidang Medis
Bidang medis, pada bidang ini tentunya kita pernah mengetahui adanya digital radiografi (rontgen), MRI (magnetic resonance imaging), dan sebagainya. Secara prinsip aplikasi tersebut berfungsi untuk melakukan pencitraan yang digunakan untuk analisis medis, yang membedakan hanyalah modalitas pencitraan dan target pencitraannya.
2. Bidang industri, pengolahan citra telah diaplikasikan dalam bidang industri kususnya industri manufaktur seperti sistem safety, quality control, dan pengembangan kendaraan yang dipandu otomatis oleh komputer/mesin.
3. Bidang militer, sudah tentu bidang militer sangat membutuhkan pengolahan citra untuk pengolahan dan analisis obyek-obyek visual seperti citra radar untuk menganalisis keberadaan obyek secara otomatis. Penerapan lain juga telah dikembangkan suatu sistem pemandu misil untuk mendeteksi target.
4. Bidang keamanan dan ketertiban, saat ini telah banyak dikembangkan peralatan untuk kebutuhan surveilance, yaitu berbagai jenis cctv dan juga video recorder. Berkembangkan peralatan tersebut terjadi mengingat pentingnya keamanan, sehingga dengan adanya sistem cctv mampu memonitor suatu obyek tertentu tanpa henti. Pengembangan berikutnya adalah pengembangan sistem pendeteksi gerak, pendeteksi manusia menggunakan teknik biometrik seperti sidik jari, wajah, iris, dan pengenalan tangan juga telah berkembang.
Demikian artikel yang saya buat semoga dapat bermanfaat dan memahami makna dari artikel ini, saya yakin perkembangan grafik komputer dan pengolahan citra akan tetap berlanjut karena pemanfaatan dalam dunia teknologi sangat dibutuhkan.
Sumber :
http://wede56.blogspot.com/2014/10/pengertian-grafik-komputer-dan.html
http://karmila.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.2
https://satriormdhn14.wordpress.com/2015/11/22/perbedaan-antara-ilmu-grafik-komputer-pengolahan-citra/
https://leonardochristian94.wordpress.com/2015/09/28/perbedaan-ilmu-grafik-komputer-dan-pengolahan-citra/
Komentar
Posting Komentar